Bagaimana Cara Mengobati Luka Bakar ?



the doctor puts a bandage with the medicine on the burn of the fingers of the woman's hand, an accident at home, careless behavior with boiling water, an injured hand
Pexels.com

Jika Anda pergi ke dokter untuk perawatan luka bakar, dokter akan menilai tingkat keparahan luka bakar dengan memeriksa kulit Anda. Dokter dapat merekomendasikan Anda untuk dipindahkan ke pusat luka bakar jika luka bakar Anda mencakup lebih dari 10 persen dari total luas permukaan tubuh Anda, sangat dalam, ada di wajah, kaki atau pangkal paha, atau memenuhi kriteria lain. Dokter akan memeriksa cedera lain dan mungkin melibatkan tes laboratorium, sinar-X atau prosedur diagnostik lainnya.
Kebanyakan luka bakar ringan dapat dirawat di rumah. Mereka biasanya sembuh dalam beberapa minggu. Cara mengobati luka bakar adalah bervariasi tergantung tingkat keparahan. Untuk luka bakar serius, setelah pertolongan pertama dan penilaian luka yang tepat, perawatan Anda mungkin melibatkan obat-obatan, pembalut luka, terapi dan operasi. Tujuan pengobatan adalah mengendalikan rasa sakit, mengangkat jaringan mati, mencegah infeksi, mengurangi risiko jaringan parut dan mengembalikan fungsi.
Perawatan medis
Setelah Anda menerima pertolongan pertama untuk luka bakar besar, perawatan medis Anda mungkin termasuk obat-obatan dan produk yang dimaksudkan untuk mendorong penyembuhan. Berikut beberapa pilihan pengobatan :
1. Perawatan berbasis air.
Tim perawatan Anda dapat menggunakan teknik seperti terapi kabut ultrasonik untuk membersihkan dan merangsang jaringan luka.
2. Cairan untuk mencegah dehidrasi.
Anda mungkin memerlukan cairan intravena (IV) untuk mencegah dehidrasi dan kegagalan organ.
3. Obat sakit dan gelisah.
Menyembuhkan luka bakar bisa sangat menyakitkan. Anda mungkin memerlukan obat morfin dan anti-kecemasan - terutama untuk mengganti pakaian.
4. Krim bakar dan salep.
Jika Anda tidak dipindahkan ke pusat luka bakar, tim perawatan Anda dapat memilih dari berbagai produk topikal untuk penyembuhan luka, seperti bacitracin dan silver sulfadiazine (Silvadene). Ini membantu mencegah infeksi dan mempersiapkan luka untuk menutup.
5. Penutup.
Tim perawatan Anda juga dapat menggunakan berbagai penutup luka khusus untuk mempersiapkan luka agar sembuh. Jika Anda dipindahkan ke pusat luka bakar, luka Anda kemungkinan hanya akan ditutupi dengan kain kasa kering.
6. Obat-obatan yang melawan infeksi.
Jika Anda mengalami infeksi, Anda mungkin memerlukan antibiotik IV.
7. Tembakan tetanus.
Dokter mungkin merekomendasikan suntikan tetanus setelah luka bakar.
Untuk Semua Luka Bakar
1. Hentikan Pembakaran Segera
Padamkan api atau hentikan kontak orang tersebut dengan cairan panas, uap, atau bahan lainnya. Bantu orang itu "berhenti, jatuhkan, dan gulung" untuk memadamkan api. Hapus bahan yang membara dari orang tersebut. Lepaskan pakaian panas atau terbakar. Jika pakaian menempel pada kulit, potong atau sobek di sekitarnya.
2. Lepaskan Pakaian Konstruktif Segera
Tanggalkan perhiasan, ikat pinggang, dan pakaian ketat. Luka bakar bisa membengkak dengan cepat. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut :
Untuk Luka Bakar Tingkat Satu (Mempengaruhi Lapisan Kulit Teratas)
1. Luka Bakar Dingin
Pegang kulit yang terbakar di bawah air mengalir dingin (bukan dingin) atau rendam dalam air dingin sampai rasa sakit mereda. Gunakan kompres jika air mengalir tidak tersedia.
2. Lindungi Bekas yang terbakar
Tutup dengan perban steril, non-perekat atau kain bersih. Jangan oleskan mentega, minyak, lotion, atau krim (terutama jika mengandung aroma). Oleskan salep berbasis minyak bumi dua hingga tiga kali sehari.
3. Obati Rasa Sakit
Berikan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil, Motrin), atau naproxen (Aleve).
Prosedur bedah dan lainnya
Anda mungkin memerlukan satu atau lebih dari prosedur berikut sebagai cara mengobati luka bakar :
1. Bantuan pernapasan.
Jika wajah atau leher Anda terbakar, tenggorokan Anda mungkin bengkak. Jika itu tampak mungkin, dokter dapat memasukkan tabung ke tenggorokan (trakea) untuk menjaga agar oksigen dipasok ke paru-paru Anda.
2. Tabung makan.
Orang dengan luka bakar yang luas atau kekurangan gizi mungkin membutuhkan dukungan nutrisi. Dokter mungkin memasang selang makanan melalui hidung ke perut Anda.
3. Mempermudah aliran darah di sekitar luka.
Jika keropeng terbakar (eschar) benar-benar mengelilingi tungkai, itu dapat mengencangkan dan memotong sirkulasi darah. Eschar yang benar-benar mengelilingi dada bisa membuat Anda sulit bernapas. Dokter Anda mungkin memotong eschar untuk menghilangkan tekanan ini.
4. Cangkok kulit.
Cangkok kulit adalah prosedur pembedahan di mana bagian kulit sehat Anda digunakan untuk menggantikan jaringan parut yang disebabkan oleh luka bakar yang dalam. Kulit donor dari donor atau babi yang telah meninggal dapat digunakan sebagai solusi sementara.
5. Operasi plastik.
Operasi plastik (rekonstruksi) adalah cara mengobati luka bakar yang dapat meningkatkan penampilan bekas luka bakar dan meningkatkan fleksibilitas sendi yang dipengaruhi oleh jaringan parut.

Sumber :
www.mayoclinic.org
www.webmd.com

Comments